Rabu, 11 Mei 2011

TENTANG BISNIS


                                                      REVISI PESAN BISNIS
Revisi (perbaikan) pesan merupakan tahap akhir dalam prosres pesan bisnis. Tahap ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pesan yang direncanakan sudah bebas dari kesalahan.
7.1  MENYUTING PESAN (Editing)
Menyusun pesan bisnis memerlukan proses yang dilakukan dengan hati-hati. Draft pesan yang telah selesai harus di review dan diperbaiki lagi, baik dari sudut isi maupun gaya bahasa yang digunakan, organisasi, serta format penulisannya.
7.1.1  Mengevaluasi Isi dan Organisasi
Evaluasi dimulai dengan membaca secara cepat dan memusatkan perhatian pada isi, organisasi, dan format pesan. Kemudian draft pesan dibandingkan dengan rencana semula.
Bagian awal dan akhir  memiliki dampak yang paling besar bagi penerima.pastikan bahwa bagian awal relevan, menarik dan sesuai kemungkinan reaksi penerima. Bagian akhir dikaji ulang untuk memastikan bahwa gagasan pokok telah diringkas dengan baik dan memberikan kesan positif pada penerima.
7.1.2  Meninjau Ulang Gaya dan Kemudahan Pembacaan
Untuk memastikan kemudahan pembacaan, periksa kembali kosa kata, panjang kalimat dan paragraf, dan struktur kalimat. Perlu dicari kemungkinan-kemungkinan pesan lebih menarik melalui penggunaan kata-kata dan ungkapan yang lebih kuat dan bersemangat.
7.2  MENULIS ULANG PESAN
Ernest Hemingway pernah menyatakan bahwa “tidak ada yang disebut menulis – yang ada hanya menulis ulang.” Pada kenyataannya, pelaku bisnis banyak melakukan  kesalahan berikut (1) hanya memindahkan kata-kata dan tidak benar-benar memperbaikinya,  (2) tidak melkikan penulisan ulang karena dianggap membuang-buang waktu, dan (3) mengirim dokumen pada saat-saat terakhir dibutuhkan.
Ketika menulis ulang, perhatian ditujukan pada setiap kata yang memberikan kontribusi pada kalimat yang efektif dan pengembangan kalimat agar menjadi paragraf yang bertalian secara logis.
Setelah penulisan ulang dilakukan dengan baik, dokumen bisnis kemungkinan akan menjadi berjumlah separuh dari rencana semula. Dokumen menjadi lebih ringkas mantap, dan kuat.
7.3  MEMPRODUKSI PESAN
Pada masa sekarang, sebagian besar dokumen bisnis diproduksi menggunakan komputer. Berbagai aplikasi bisa digunakan untuk membuat desain agar pesan lebih menarik. Desain pesan yang efektif  akan memberi pedoman kepada pembaca dalam menyimak seluruh isi dokumen. Desain yang menarik belum tentu efektif. Oleh karena itu, desain yang menarik dan efektif menjadi sasaran penting dalam memproduksi pesan.
Agar desain pesan bisnis efektif, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
-        Konsistensi
Pemakaian desain yang konsisten dalam seluruh isi dokumen dan untuk elemen desain yang muncul berulang-ulang. Misalnya, penggunaan marjin, jenis huruf, besar huruf, spasi dan garis.
-        Seimbang
Supaya desain terlihat menyenangkan, perlu dijaga keseimbangan ruang antara teks, gambar, dan ruang kosong.
-        Terkendali
Desain diusahakan sederhana. Terlalu banyak elemen desain atau terlalu banyak sentuhan dekoratif akan menyebabkan dokumen terlihat  kacau.
-        Rincian
Desain yang baik akan memberi kemudahan bagi pembaca untuk mencari rincian pesan. Rincian pesan yang ingin ditampilkan akan mmempengaruhi desain.
7.4   MENCETAK PESAN
Mencetak dokumen yang belum selesai (proof sheet) dengan printer dapat dilakukan menggunakan pilihan print quality yang lebih rendah (economode) untuk menghemat toner atau tinta. Membbaca cetakan percobaan (proof reading) dilakukan untuk memeriksa kebenaran seluruh isi pesan, organisasi, format, dan desain. Setelah puas, pesan dicetak kembali dengan pilihan best quality dan selanjutnya di distribusikan kepada penerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar